Kamis, 12 September 2013

Memiliki Gigi Sehat Bisa Mencegah Anda Terserang Penyakit

Selain menghadirkan senyum manis, memiliki gigi sehat bisa mencegah anda terserang beberapa penyakit.

Dokter gigi sering mengingatkan semua orang untuk menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan sela-sela gigi karena ada banyak bakteri yang hidup di mulut. Sebab, kebiasaan menjaga mulut dapat memengaruhi kesehatan tubuh Anda.

gigi sehat mencegah penyakit

Bakteri Mulut dan Penyakit Jantung

Beberapa penelitian menghubungkan penyakit periodontal (seperti peradangan dan infeksi pada jaringan sekitar gigi) dengan masalah pada jantung. Menurut American Academy of Periodontology, para peneliti menemukan bahwa orang dengan penyakit periodontal memiliki kemungkinan hampir dua kali lebih besar untuk menderita penyakit arteri koroner dibandingkan mereka yang tidak mengalami peradangan gusi. "Jika Anda memiliki penyakit gusi, ada kemungkinan bakteri mulut memasuki aliran darah dan menyebabkan infeksi pada jantung atau paru-paru." kata seorang ahli kesehatan holistic Deepak Chopra.

Gigi dan Paru-paru

Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of Periodontology menemukan hubungan antara penyakit periodontal dan penyakit pada paru-paru, seperti Pneumonia dan bronkitis. Donald S Clem, DDS dari American Academy of Periodontology menyarankan anda untuk bekerjasama dengan dokter gigi untuk mencegah penyakit-penyakit ini karena kesehatan mulut berperan dalam menjaga sistem lain dari tubuh.

Gigi dan Kanker

Para peneliti di Swedia mengaitkan jumlah plak gigi dengan resiko kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal online BMJ Open meneliti 1.390 orang tentang faktor penyebab kanker. Setelah 24 tahun, 58 pasien telah meninggal dan 35 diantara mereka meninggal akibat kanker. Ternyata, mereka yang meninggal memiliki jumlah plak gigi yang lebih tinggi, sampai menutupi gusi dan gigi dibandingkan mereka yang masih hidup. Namun, para peneliti tidak menyebutkan bahwa plak gigi adalah penyebab kanker.

Berhubungan Dengan Kehamilan

Penelitian yang dipresentasikan di European Society of Human Reproduction and Embryology menemukan bahwa penyakit gusi bisa memengaruhi waktu yang dibutuhkan bagi seorang wanita untuk hamil. Seperti yang ditulis oleh The Huffington Post tentang studi tersebut, wanita dengan penyakit gusi membutuhkan sekitar tujuh bulan untuk hamil, sedangkan teman-teman mereka yang tidak memiliki peradangan gusi biasanya hanya membutuhkan lima bulan.

Menurut Medical Group Yale, sebaiknya anda mengurangi makanan bertepung, seperti keripik kentang dan roti putih, karena mudah terjebak di sela-sela gigi yang lalu memberi makan bakteri pembentuk plak. CLEO


Green World Slimming Capsule

Related Posts

Memiliki Gigi Sehat Bisa Mencegah Anda Terserang Penyakit
4/ 5
Oleh