Rabu, 28 Agustus 2013

Tips Membiasakan Diri Untuk Berolah Raga

Berolahraga itu sebenarnya mudah, yang sulit adalah mengumpulkan niat dan semangat untuk memulainya. Tapi dengan 10 Tips ini jangan heran kalau tiba-tiba anda jadi hobi “mencari keringat” !


JIKA ANDA PEMULA (ALIAS NYARIS TAK PERNAH BEROLAH RAGA SEBELUMNYA)

  • Mulai berolah raga dengan berlari satu menit hari ini. Tambahkan waktu satu menit setiap harinya. Anda akan berlari selama 30 menit di akhir bulan, selama 60 menit di akhir bulan kedua, dan seterusnya. Dengan cara ini, Anda membangun kekuatan untuk rutin berolahraga secara bertahap yang tidak terasa memberatkan.
  • Jangan terlalu ambisius, seperti menetapkan target harus berolahraga empat kali seminggu. Sebagai pemula, yang penting adalah membuat tubuh anda bergerak secara rutin. Seminggu sekali pada minggu pertama, dua kali seminggu pada minggu kedua dan seterusnya. Temukanlah ritme olahraga yang paling pas untuk anda pribadi.
  • Selalu sediakan tas gym di mobil atau di kantor, meskipun anda tak berniat berolah raga pada hari itu. Tas gym yang komplit mencakup baju olahraga, sepatu olahraga, dan kebutuhan lainnya sediakan dalam tas. Dengan demikian anda bisa langsung berolah raga jika kesempatan muncul dengan tiba-tiba.

JIKA ANDA MULAI TERBIASA BEROLAH RAGA SELAMA SATU-DUA BULAN TERAKHIR

  • Buatlah playlist berisi lagu-lagu favorit, sesuaikan durasi playlist dengan durasi anda berolah raga. Misalnya anda ingin berlari atau bersepeda selama 60 menit, maka buatlah playlist sebanyak kurang lebih 15 lagu @ 4 menit. Tanpa terasa, waktu berjalan dengan cepat.
  • Tingkatkan exercise level dengan membiasakan diri ngobrol sambil berlari tanpa ngos-ngosan.
  • Menggabungkan cardio exercise dengan angkat beban dapat meningkatkan metabolisme. Menggabungkan angkat beban dengan cardio exercise justru dapat meningkatkan metabolism tubuh. Coba angkat dumbbell beberapa repitisi, dan tambahkan lari sprint selama 30 detik disela-selanya.

JIKA ANDA BENAR-BENAR TAK SUKA BEROLAHRAGA – APALAGI HARUS KE GYM.

  • Ikut komunitas. Dengan bergabung ke komunitas-komunitas seru seperti komunitas parkour, longboard, hingga underwater hockey, anda tak hanya berolah raga namun juga memperluas network.
  • Ikut kelas bela diri. Ada begitu banyak martial arts yang sedang popular belakangan ini, mulai dari Muaythay, Krav Maga, capoera atau kendo. Tak hanya membuat seluruh tubuh anda bergerak, martial arts juga member ilmu self defence yang amat berguna.
  • Cari jenis olah raga yang bisa anda lakukan sambil menonton televisi. Siapa bilang “mencari keringat” harus pergi keluar rumah ? bersepeda statis, hula hoop, lompat tali, angkat dumbbell bisa dilakukan di depan TV di rumah sendiri.
  • Daripada membayar gym, lebih baik membayar “diri sendiri” setiap kali anda rutin berolah raga. Ngegym tidak bisa dibilang murah. Daripada menghabiskan uang untuk membayar gym yang belum tentu rutin Anda datangi, lebih baik sisihkan jumlah uang yang sama setiap kali anda berhasil mencapai target setiap bulannya.

Sumber : CLEO edisi Juli 2013

Related Posts

Tips Membiasakan Diri Untuk Berolah Raga
4/ 5
Oleh